Pemetaan Mutu Pendidikan Satuan PAUD Tahun 2020

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pendidikan Nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan.

Untuk penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan sesuai dengan standar Nasional Pendidikan dilakukan evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi. Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Pemerintah Kabupaten Wajo dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo melalui Bidang PAUD yang merupakan pelaksana teknis Pembinaan PAUD turut mendukung peningkatan kualitas mutu pendidikan, dan salah satu program yang sementara dilaksanakan yaitu melaksanakan pemetaan mutu pendidikan satuan PAUD yang nantinya akan menjadi potret pengembangan penyelenggaraan pendidikan masyarakat.

Kegiatan pemetaan mutu pendidikan satuan PAUD di Kabupaten Wajo akan dilaksanakan dari tanggal 17 September s.d 1 Oktober 2020 di 14 Kecamatan. Salah satu Anggota Tim Pemetaan Mutu Pendidikan satuan PAUD mengungkapkan bahwa manfaat atau tujuan daripada Pemetaan Mutu Pendidikan satuan PAUD adalah : Sebagai gambaran mutu tiap PAUD, Sebagai dasar pelaksanaan perbaikan pada satuan PAUD, Menjadi dasar pembinaan, pembimbingan, pendampingan dan fasilitasi satuan PAUD, dan Menjadi dasar membangun komitmen untuk mencapai satuan PAUD yang terakreditasi.

Lebih lanjut diasampaikan bahwa Pemetaan Mutu bukan sekedar untuk mengelompokkan satuan PAUD, melainkan sebagai informasi yang sistimatis, lengkap dan objektif karena persoalan kebutuhan informasi yang akurat sangat dibutuhkan guna mewujudkan pengelolaan dan penyelenggaraan  satuan PAUD yang lebih baik serta berhasil dan berdaya guna. Oleh sebab itu, pemetaan mutu pendidikan satuan PAUD harus dilaksanakan secara terarah dan berkesinambungan agar maksud serta tujuan bisa tercapai secara optimal. Perlu diketahui bahwa Tim Pemetaan Mutu Pendidikan Satuan PAUD ini terdiri dari Penilik, Pengawas TK dan Staf Bidang PAUD, yang di Koordinir oleh Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo.(26/9/2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.