Baru seumur jagung, Arundati menunjukkan pesonanya

{SMPN 2 Skg} Pagelaran seni yang sering kali digelar melalui pertunjukkan di atas panggung, kini tidak nampak lagi di masa pandemi. Walau demikian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo tetap menyelenggarakan event tersebut dengan cara berbeda. Pagelaran kali ini dilakukan secara daring dengan tajuk Pagelaran Seni Virtual Seni Musik Tradisional dengan tema “Tetap Berkarya di Era New Normal” pada tanggal 29 September 2020.

Ajang ini kali pertama yang diselenggarakan bagi siswa. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang tinggi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Faisal, karena fasilitasi dari bidang kebudayaan dapat membangkit semangat pembina kesenian di sekolah sehingga tetap berbuat dan berkarya meski dilakukan secara virtual.

Sabir Wahab, S.P sebagai pamong budaya bidang kesenian, menggelar event tersebut sebagai upaya untuk melestarikan seni tradisional agar tetap terjaga dan menjadi pengetahuan bagi generasi di tengah beragam alat musik modern yang ada. Oleh karena itu, peserta yang ambil bagian dalam event ini adalah perwakilan sanggar seni. Tiap perwakilan menyanyikan satu lagu daerah Bugis yang terdiri dari 1 orang penyanyi, 1 orang pemain kecapi, 1 orang pemain suling, dan 1 orang pemain gendang.

Kekentalan budaya daerah Bugis sangat terasa pada kegiatan pagelaran seni yang diselenggarakan. Pagelaran yang ditunjukkan oleh sanggar seni divideokan yang selanjutnya dikirim sebagai bahan penilaian.

Adanya event pagelaran seni virtual menjadi wadah siswa untuk mengekspresikan bakat dan minatnya. Selain itu, juga memberi ruang kepada mereka sebagai generasi masa kini yang tidak lupa akan budaya daerah sendiri. Hal yang dilakukan oleh SMP Negeri 2 Sengkang di bawah kepimpinan Ibu Najmiah, S.Pd.,M.Pd., dengan mengambil bagian pada event tersebut.

SMP Negeri 2 Sengkang dengan sanggar seni “Arundati” yang belum cukup sebulan terbentuk, telah berhasil meraih “Best Performance” pada kegiatan tersebut. Kerja keras dari Koordinator Sanggar Seni Arundati, Muriani, S.Pd.,bersama pelatih Baso Irfandi, S.Pd., serta kameramen sekaligus editor A.Darwisa Oktora, S.Pd., membuahkan hasil yang maksimal.

Raihan ini menjadi prestasi pertama di awal terbentuknya Sanggar Seni Arundati SMP Negeri 2 Sengkang dan semoga menjadi motivasi untuk terus berkarya dan memberikan prestasi-prestasi lain di berbagai lomba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.