Kompetisi Sains Nasional SMP di Masa Pandemi Covid-19

Tahun 2019, Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang menjadi agenda tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat nasional masih diselenggarakan secara tatap muka. Ternyata di tahun ini tak ada seorang pun yang dapat memprediksi bahwa pelaksanaannya akan berbeda di tahun-tahun sebelumnya. Berganti menteri, nama kegiatan juga berubah. Sekarang dikenal dengan Kompetisi Sains Nasional (KSN).

KSN yang baru saja diselenggarakan dari tanggal 14 – 16 Oktober 2020 lalu, menjadi awal kebangkitan bahwa saat ini teknologi benar-benar hal penting yang tak lagi dapat dipisahkan dalam pembelajaran. Pelaksanaan KSN tidak lagi manual, namun melalui digitalisasi atau menggunakan aplikasi KSN SMP. Aplikasi tersebut diunduh dari playstore.

Demi persiapan yang matang, Pusat Prestasi Nasional melakukan pertemuan secara virtual kepada guru dan siswa untuk memperkenalkan aplikasi KSN yang akan digunakan. Selain itu, juga dijelaskan spesifikasi handphone yang memenuhi syarat agar dapat digunakan secara maksimal saat perlombaan berlangsung.

Pusat Prestasi Nasional juga melaksanakan simulasi tiap mapel yang dilombakan yakni Matematika, IPA, dan IPS. Simulasi diikuti seluruh siswa secara nasional yang dibagi ke dalam dua sesi berdasarkan wilayahnya. Simulasi KSN dilaksanakan dari tanggal 11 – 12 Oktober 2020. Hal ini dilakukan agar siswa lebih mengenal bagaimana secara teknis penggunaan aplikasi KSN tersebut.

Di masa pandemi covid19, kompetisi sains nasional dilaksanakan secara daring. Siswa yang ikut serta pada kegiatan tahunan tersebut, dilakukan dari rumahnya masing-masing dan tentunya di dampingi oleh orang tua. Namun, ada juga yang memilih sekolah sebagai tempat pelaksanaan.

Sebagai wujud tanggungjawab, tim kesiswaan SMP Negeri 2 Sengkang mendatangi rumah siswa setiap harinya guna melakukan pemantauan dan memastikan tidak ada kendala teknis yang dialami siswa saat perlombaan berlangsung.

Pemantauan oleh tim kesiswaan SMPN 2 Sengkang dan didampingi oleh orang tua siswa

Tim kesiswaan juga telah memberi bekal kepada siswa bahwa dalam sebuah kompetisi yang diperlukan adalah menjunjung tinggi kejujuran. Meski tidak ada pengawasan yang ketat seperti biasanya namun ada pengawasan Allah Swt yang kelak akan dipertanggungjawabkan dunia akhirat. Seperti tagline lomba tahun ini: “Jujur itu Juara, Berprestasi dari rumah, Semangat menolak menyerah”.

Tim Kesiswaan SMPN 2 Sengkang memastikan tidak ada kendala teknis yang dialami

Selama tiga hari pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional, sekolah juga menyerahkan paket kuota data internet kepada siswa yang ikut serta pada lomba tersebut. Penyerahan paket kuota data internet adalah wujud kepedulian dan motivasi sekolah kepada siswa siswi bahwa masa pandemi bukan menjadi penghalang untuk mengukir prestasi.

Penyerahan paket kuota data internet oleh Tim Kesiswaan SMPN 2 Sengkang

Harapan akan terus mengalir pada anak-anak didik kita, jadikan hal ini ladang untuk memetik hikmah di balik setiap kejadian yang diberikan Allah Swt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.