Kadis Dikbud membuka Pelatihan Program Menjahit Dasar

disdikbudwajo.id-Desa Vokasi yaitu kawasan perdesaan yang menjadi sentra penyelenggaraan kursus dan/atau pelatihan berbagai kecakapan vokasional dan pengelolaan unit-unit usaha (produksi/Jasa) berdasarkan keunggulan lokal dalam dimensi sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan. Salah satu tujuan dari Program Desa Vokasi adalah bagaimana menekan angka pengangguran dan tingkat urbanisasi dengan memberikan keterampilan masyarakat di suatu desa dalam memanfaatkan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dari sumber daya dan potensi suatu desa berbasis kearifan lokal.

Sebagai bentuk tindak lanjut perihal tersebut, SKB Kab. Wajo bekerja sama dengan Pemerintah Kelurahan Baru tancung Kec. Tanasitolo mengadakan Pelatihan Program Menjahit Dasar dalam rangka meningkatkan kualitas hidup perempuan (PKH-P). Kepala SKB Kab. Wajo Andi Taufik, S.Pd.,M.Si, dalam Laporannya menyampaikan  bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 200 orang peserta dengan materi pelatihan yaitu menjahit baju sekolah, jilbab, kerudung, dan baju sutera.

Proses pelatihan dasar menjahit

Lanjut Andi Taufik, pelaksanaan pelatihan ini tidak hanya fokus pada pelatihan menjahit tetapi juga dilaksanakan pelatihan pengolahan ikan air tawar, pembuatan abon ikan gabus,belut dan ikan pating, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15 Juni sampai dengan 14 Agustus 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo, Drs. Faisal dalam sambutannya mengatakan, merujuk kepada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan amanat bahwa Kursus dan Pelatihan dalam mendukung pengurangan pengangguran dan kemiskinan, Kursus dan pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Lanjut Kadis Dikbud, yang artinya bahwa pembekalan pengetahuan, keterampilan, dan kecakapan hidup yang diadakan pada kursus dan pelatihan,  selain untuk mengembangkan diri, juga untuk membantu peserta didik dapat bekerja di setiap unit usaha dan berwirausaha.

Tentunya kami sangat berharap kepada peserta pelatihan untuk betul betul memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar agar setelah selesainya pelatihan ini kita sudah mampu untuk bekerja mandiri dan yang tak kalah pentingnya roda perputaran ekonomi keluarga kita akan semakin baik. (sbr)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.