Guru SMPN 2 Sengkang Lolos Guru SILN Kota Kinabalu Malaysia

SENGKANG, SOLUSINEWS.ID – Guru Matematika SMP Negeri 2 Sengkang, Kabupaten Wajo, Negara Mangkubumi K, dinyatakan lolos dalam program Sekolah Luar Negeri (SILN) dan CLC (Community Learning Center/CLC). Program itu merupakan kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dibuka pada 26 Februari 2021. Tujuannya membuka kesempatan bagi putra putri terbaik bangsa untuk ditugaskan mengajar pada Sekolah Luar Negeri (SILN) dan CLC (Community Learning Center/CLC).

Saat pengumuman pada 18 Agustus tahun 2021, nama Negara Mangkubumi dinyatakan lolos untuk mengisi wilayah penugasan SILN di Kota Kinabalu, Malaysia.

“Alhamdulillah nama saya tertera sesuai dengan jabatan yang saya lamar yakni guru matematika penempatan Kota Kinabalu,” ungkap Negara, Kamis (19/8/2021).

Ia juga mengaku bahagia bisa menjadi bagian dari guru SILN terpilih dari ribuan pendaftar.

“Pencapaian ini merupakan salah satu prestasi tertinggi yang pernah saya raih sebagai guru SMP Negeri 2 Sengkang.

Semoga segala inovasi dan kreativitas yang pernah saya lakukan dapat saya terapkan di sana dan memberikan hal yang terbaik di luar negeri,” harapnya.

Ia menambahkan semoga anak-anak Indonesia yang jauh dari ibu pertiwi bisa mendapatkan pengalaman belajar bermakna.

Sebelumnya, Negara mendaftar program Sekolah Luar Negeri (SILN) dan CLC (Community Learning Center/CLC) secara online melalui http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln.

Setelah melewati serangkaian proses dari bulan Februari hingga Juni 2021, pada tanggal 18 Agustus 2021 melalui laman http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln/, pengumuman pun keluar.

Pengumuman itu berupa hasil seleksi bersama penerimaan guru dan tenaga kependidikan Sekolah Indonesia di Luar Negeri tahun 2021.

Seleksi ini terbilang cukup ketata karena setiap pendaftaran harus melampirkan sejumlah dokumen persyaratan antara lain :

  1. Berstatus sebagai Guru PNS maupun Guru bukan PNS
  2. Bagi guru PNS minimal pangkat Penata Muda Tk.I, golongan ruang III/b
  3. Berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2.75
  4. Memiliki Sertifikat Profesi Pendidik yang linear dengan jabatan yang dilamar, kecuali bagi pelamar Guru Produktif Kuliner, Guru Produktif Perhotelan dan Jasa Pariwisata, serta Guru Produktif Teknologi Pesawat Udara dapat digantikan dengan sertifikat keahlian
  5. Diutamakan memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  6. Memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Scoreminimal 450 atau IELTS 5.0 yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa yang berafiliasi dengan  Perguruan Tinggi atau Lembaga Bahasa yang terakreditasi
  7. Memiliki pengalaman mengajar sesuai bidang yang diampu minimal 5 (lima) tahun, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah/Ketua Yayasan
  8. Diutamakan menguasai bahasa lokal sesuai negara penempatannya
  9. Bagi pelamar Guru Seni Budaya penempatan Cairo diutamakan memiliki kemampuan memainkan alat musik Tradisional
  10. Diutamakan memiliki sertifikat/penghargaan tingkat nasional sebagai keterampilan tambahan selain mengajar, seperti: Olahraga, Pramuka, Seni Budaya, Keagamaan, Prakarya, Teknologi Informasi Komunikasi (ICT), Akuntansi/Keuangan dll

Selanjutnya pelamar yang dinyatakan lulus administrasi akan mengikuti proses Seleksi Kompetensi yang terdiri dari:

  1. Bagi calon guru SILN: Psikotes, Tes Kemampuan Bahasa Inggris, Microteachingdan Wawancara
  2. Bagi calon Tenaga Kependidikan SILN : Psikotes, Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Wawancara.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.