Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik Dalam PTM Terbatas

disdikbudwajo.id– Proses pengimbasan materi guru penggerak dikemas dalam Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bersama dengan komunitas praktisi SMP Negeri 1 Sengkang pada tanggal 13 sd 15 september 2021.

Umar, S.Pd.,MM Kepala SMPN 1 Sengkang menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu menghadirkan pembelajaran yang berpusat pada murid serta menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik. Dalam kegiatan ini ada 3 guru penggerak di SMP Negeri 1 Sengkang yang berpartisipasi memberikan pengimbasan materi yaitu : materi filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Budaya Positif (Rusdiyanto.L, S.T, S.Pd), materi Pembelajaran Sosial Emosional (Hj. Rian Yulika, S.Pd, M.Pd) dan materi Pembelajaran Differensiasi (Henni Sustiari, S.Pd, M.Pd).

Menurut Umar, S.Pd, MM bahwa sekarang ini perlunya transformasi Pendidikan kearah pembelajaran yang berpihak pada murid dalam mewujudkan merdeka belajar untuk melahirkan profil pelajar Pancasila.

Rusdiyanto L,S.T.,S.Pd salah satu Pemateri juga menyampaikan, sesuai dengan harapan dari Kemendikbudristek kepada Guru Penggerak agar dapat menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya dengan cara:

  • Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya,
  • Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah,
  • Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah,
  • Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,
  • Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-beingekosistem pendidikan di sekolah
Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam PTM terbatas
Workshop Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam PTM terbatas

Kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik berkat dukungan dan arahan dari Kepala SMP Negeri 1 Sengkang, Umar, S.Pd, MM dan seluruh rekan sejawat yang menjadi satu kesatuan dalam komunitas praktisi SMP Negeri 1 Sengkang, tutup Rusdiyanto.

(Humas SMPN1Sengkang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.