Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

disdikbudwajo.id-Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Kompetensi yang dinilai mencakup kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi.

Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo melaksanakan kegiatan Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Rabu (10/11/21) di Ballroom Sallo Mall Sengkang.

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang SD, Dra. Munawarah, M.Si yang juga sebagai Pelaksana Teknis Kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik tingakt Sekolah Dasar Se- Kabupaten Wajo.

Lanjut Munawarah,  asesemen kompetensi minimum juga dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, bukan hanya penguasaan konten, serta memberikan pengetahuan kepada tenaga pendidik Sekolah Dasar tata cara menyusun soal AKM yang baik dan benar, tutupnya.

Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar, Drs. H. Ansar Mallo, M.Pd dalam sambutannya, kebijakan yang diambil oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 lalu adalah kebijakan Asesmen Nasional. Ada dua kompetensi yang akan diukur melalui Asesmen Kompetensi Minimum, yaitu: Literasi dan Numerasi.

Lanjut Kabid SD, AKM dan survei karakter, salah satu bagian untuk mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. AKM merupakan satu dari tiga asesmen terobosan konsep merdeka belajar yang digunakan tenaga pendidik untuk mengukur kompetensi yang dimiliki siswa sebagai pengganti Ujian Nasional atau UN, terangnya.
Asesmen Kompetensi Minimum ini diikuti oleh Tenaga Pendidik tingkat Sekolah Dasar Se Kabupaten Wajo sebanyak 50 Orang, dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo, Pengawas Sekolah SD dua Orang : Drs. Muhammad Asse, M.M  dan Drs. H. Aras Baco, M.M. (sw)
Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.