Pelaksanaan Gebyar dan Sarasehan GP3M

disdikbudwajo.id– Wajo, 1/12/2021. Acara Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal atau disingkat GP3M sukses diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo yang dimotori oleh Bidang PAUD-PNF Kab. Wajo bersama SPNF SKB Kabupaten Wajo.

GP3M merupakan program pendidikan pemberdayaan dengan sasaran perempuan marjinal untuk dapat meningkatkan keterampilan tradisional sesuai potensi daerah.

Kegiatan dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Wajo Drs. H. Karjono, M.Pd dan Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Wajo        Hj. Sitti Maryam Amran, S.Sos., M.Si yang juga merupakan Bunda PAUD Kabupaten Wajo, H. Mahmud Bara, S.Pd.,M.Pd Sekretaris Disdikbud Wajo, Kabid, Kasi Lingkup Disdikbud Wajo, Pengawas TK, Penilik PAUD disdikbud Wajo.

Kepala Bidang PAUD-PNF Kab. Wajo, ALamsyah Tahir, S.Pd.,M.Pd, melaporkan bahwa tujuan daripada kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia warga belajar PKBM dan memberikan motivasi setiap warga belajar untuk membangun usaha mandiri.

Laporan Kepala Bidang PAUD-PNF, Alamsyah Tahir, S.Pd.,M.Pd

Lanjut kabid PAUD, Peserat pada kegiatan Gebyar dan Sarasehan ini diikuti oleh 10 lembaga PKBM yang mendapat program PKHP dan 1 SKB yang mendapat program Desa Vokasi Tahun 2021, adapun sumber anggaran yang digunakan berasal dari Direktorat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Tahun 2021, dan pada kegiatan ini  juga akan dilaksanakan penandatanganan NPHD dan Penyerahan Bantuan Papan Nama Sekretariat Pokja Bunda PAUD Kecamatan serta penyerahan bantuan hibah kepada 14 Lembaga Paud binaan Bunda Paud Kab. Wajo, tutupnya.

Dalam sambutannya, Bupati Wajo yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati H. Karjono, S.Pd., M.Pd, menyampaikan Gebyar dan Sarasehan GP3M Merupakan gerakan yang diprakarsai pemerintah sebagai Upaya untuk mendorong kaum perempuan di Kab. Wajo menjadi lebih berdaya dan memiliki jiwa wirausaha sehingga mampu berproses menuju kemandirian.

Lanjut H. Karjono, Melalui GP3M kita tumbuhkan konsep the spririt untuk menuju perempuan Wajo yang mandiri. Tentu diharapkan mampu membangun dan memicu semangat perempuan Wajo untuk bergeliat dan mempunyai semangat serta wawasan di dalam memanfaatkan segala potensi daya alam yang ada. Bonus Demografis serta potensi sumber daya alam bervariatif di Kabupaten Wajo harus mampu kita kelola dan dimanfaatkan dengan lebih optimal, disampaikan, Peningkatan kualitas hidup bagi perempuan Marginal melalui Program Pendidikan Kecakapan Hidup – Perempuan (PKH-P) bagi 10 lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Program Pendidikan Desa Vokasi perempuan marginal bagi Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar kegiatan Belajar (SKB) Wajo yang di kemas dalam kegiatan Vokasi.

Terakhir, Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo  mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang pada tahun Anggaran 2021 yang telah memberikan kepercayaan kepada 20 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, dan salah satu Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Wajo dalam mengelola Pendanaan dan kegiatan GP3M ini serta mengalokasikan anggaran pada Sanggar Kesenian Belajar (SKB) melalui Program Desa Vokasi, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) melalui Program   Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH-P) di Kabupaten Wajo. Kami akan bekerja keras agar Kabupaten Wajo lebih sejahtera dengan memiliki SDM serta Sumber Daya Pertempuan yang baik, terampil dan mempunyai daya saing yang hebat untuk menuju Kabupaten Wajo yang Amanah. Tutupnua

Seusai acara sambutan, Para undangan mengunjungi stand pameran produk PKH-P milik PKBM dan SKB Kabupaten Wajo. Produk-produk yang ditampilkan seperti kain tenun sutera, aneka kuliner, aneka kerajinan tangan, kue tradisional dan beberapa hasil kerajinan tangan lainnya.

Penyerahan bantuan Hibah kepada satuan PAUD Binaan oleh Bunda PAUD Kabupaten Ibu Hj, Siti Maryam Amran, S.Sos., M.Si

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Rumah Adat Atakkae selama 2 hari (1-2/12/21), Selain itu, dilakukan juga penyerahan bantuan Hibah kepada Satuan PAUD Binaan oleh Bunda PAUD Kab. Wajo Hj. Siti Maryam Amran, S.Sos., M.Si., juga dilaksanakan beberapa kegiatan lomba oLahraga dan seni.

(sw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.