Kadis Dikbud Wajo Sambut Kunjungan Tim IPAK (Ikatan Penyuluh Anti Korupsi) Prop. Sulawesi Selatan

disdikbudwajo.id-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo menerima kunjungan Tim IPAK (Ikatan Penyuluh Anti Korupsi) Prop. Sulawesi Selatan.

Adapun tujuan adanya Penyuluh Anti Korupsi yang dibentuk oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang berasal dari segala profesi guna untuk melakukan edukasi tentang akan bahaya korupsi yang dimulai dari tingkat pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo, Drs. Faisal dalam sambutan penerimaannya mengatakan bahwa kami dari pihak Dinas Pendidikan memang sangat membutuhkan terkait pendidikan anti korupsi, kita bisa melihat banyaknya berita terkait kasus korupsi, ini dikarenakan ilmu dan pengetahuan kita masih kurang tentang Korupsi, untuk itu di sektor pendidikan sejak dini perlu anak anak kita dibekali dan diberi edukasi tentang bahaya korupsi, ungkap Kadis Dikbud.

Ketua IPAK Sul-Sel, DR. H. Budiman Tahir, M. Pd. menyampaikan seperti kita ketahui bersama KPK diberi amanah oleh Negara dengan tiga tugas utama yaitu memperbaiki sistem, penindakan, dan dibidang pendidikan yaitu edukasi.

Lanjut Ketua IPAK, kami disini datang atas amanah dari Deputi KPK terkait program dari Kementerian Pendidikan untuk insersi tentang Pendidikan Anti Korupsi. Ada Program kami untuk menjawab tantangan program dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yaitu Bimtek Pendidikan Anti Korupsi bagi Kepala Sekolah SD, SMP dan Guru SD dan SMP.

Memang judul kegiatannya Bimtek Pendidikan Anti Korupsi bagi Kepala Sekolah dan Guru yang mereka sesungguhnya adalah alat untuk mencapai tujuan yang ending sesungguhnya adalah siswa. Jadi tujuan kami adalah siswa yang bisa dikatakan bagaikan kertas putih yang masih kosong dan bersih, ini yang mau dipelihara.

Lebih lanjut Budiman Tahir, mengatakan, adapun materi yang akan diberikan yaitu Nilai -Nilai anti korupsi, Menjauhi Gratifikasi, Materi dasar anti korupsi, Bagaimana Model atau Metode Pendidikan anti Korupsi ini, Bagaimana cara membelajarkan materi insersi pendidikan anti korupsi, dan Rencana Aksi yang mana isinya Mengajak Peserta untuk menjadi Penyuluh Anti Korupsi, ini karena di sulawesi selatan langkah sekali yang menjadi Penyuluh Anti Korupsi dari Guru jika dibandingkan di daerah Jawa, Kalimantan,Sumatera kebanyakan Guru,Kepala Sekolah dan Pengawas yang menjadi penyuluh, Bimtek yang kami tawarkan lewat Zoom, tutup Budiman Tahir.

Hadir pada acara tersebut Kepala Inspektorat Kab. Wajo, Sekretaris Disdikbud, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Korwas dan Korwil lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo

(sw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.