Pendataan Seni Tari dan Musik Tradisional

disdikbudwajo.id- UU RI Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dimana pasal 1 ayat 8 mencakup tentang Pencanangan Objek Pemajuan Kebudayaan, yang mana nantinnya tersdeia database serta upaya perlindungan dan pelestarian terhadap kesenian yang hampir punah.

Senin 21 Maret 2022, UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu Disdbudpar Prov. Sulawesi Selatan melakukan pendataan seni tari dan musik tradisional di Kabupaten Wajo.

Kepala UPT Taman Budaya Dra, Amriana M yang juuga sebagai Ketua Tim pada kegiatan pendataan ini menyampaikan bahwa UPT Tamana Budaya pada tahun ini mendapatkan DAK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimana salah satu kegiatannya yaitu pendataan seni tari dan musik tradisional sulawesi selatan, untuk kegiatan ini ada tiga kabupaten kota yang kami jadikan sasaran kegiatan yaitu Palopo, Wajo dan Bone.

Lanjut Amriana menyampaikan bahwa Kabupaten Wajo kami jadikan sasaran pada pendataan seni tari dan musik tradisional pada tahun ini karena kita ketahui di kabupaten wajo banyak sanggar sanggar seni yang dibina dan juga kabupaten wajo ini salah satu daerah yang jadi ikon seni musik tradisional yang sampai saat ini masih terus melakukan pelastarian kesenian tradisional, tutupnya.

Kabid Kebudayaan, Drs Sudirman Sabang, M.H, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim dari UPT Taman Budaya Propinsi Sulawesi Selatan atas kepercayaannya kepada kami sehingga wajo menjadi salah satu sasaran pendataan seni tari dan musik tradisional pada tahun ini.

Menurut Sudirman Sabang, kekayaan budaya yang dimiliki kabupaten wajo salah satunya kesenian tradisional merupakan sebuah berkah sekaligus tantangan dalam hal melestarikan dan memajukannya, dan kami selalu terbuka menerima masukan dan saran dari semua pihak demi memajukan kesenian tradisional  khususnya dan memajukan kebudayaan pada umumnya di kabupaten wajo, tutupnya.(SW)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.