Siswa Siswi SMP Negeri 1 Sengkang berbagi Takjil dalam meraih keberkahan di bulan Ramadhan

disdikbudwajo.id-Bulan Ramadhan selalu identik dengan salah satu kegiatan yaitu berbagi takjil untuk berbuka puasa. Takjil tersebut dapat kita dapatkan dengan membeli di pedagang yang berjualan atau bahkan ada juga yang membagikan takjil tersebut secara gratis, misalnya di pinggir jalan atau di trotoar dekat lampu lalu lintas.

Dalam bulan Ramadhan ini siswa siswi SMP Negeri 1 Sengkang yang tergabung dalam beberapa organisasi kesiswaan antara lain : Latenribali Scout, PMR Latenribali dan Osis Latenribali membagikan takjil dibeberapa titik keramaian dikota Sengkang dalam waktu yang berbeda.

Menurut Umar S.Pd, M.M selaku Kepala SMP Negeri 1 Sengkang bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pembiasaan berbagi yang diterapkan karena perbuatan baik ini dapat secara tidak langsung mengajarkan kesiswa untuk berbagi dan tolong menolong sehingga mereka dapat memaknai betapa pentingnya berbagi kepada sesama manusia, salah satunya dengan membagikan takjil. Selain itu membagikan takjil kepada orang lain adalah karena ingin mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT di bulan Ramadhan. Selain itu, membagikan takjil juga dapat disebut sebagai bentuk saling berbagi dan saling menolong antar individu lain.

Allah SWT sangat menyenangi perbuatan baik, termasuk berbagi takjil dengan sesama manusia. Hal tersebut karena termasuk dalam perbuatan sedekah dan akan mendapatkan ganjaran yang besar, sebagaimana telah dikatakan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya yang berbunyi:

(3 / 171) – سنن الترمذي 

[807]  حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحِيمِ، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي سُلَ يمَانَ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِ يِ، قَالَ:

قَالَ رَسُولُ اللََِّّ: ” مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لََ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا “. قَالَ أَبُو عِيسَى :

هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِي ح

Yang artinya:

“Hanad telah menceritakan kepada kami, Abdurrohim telah menceritakan kepada kami, dari Abdul Malik bin Abi Sulaiman, dari ‘Athoin, dari Zaid bin Khalid al-Juhaniy berkata: bersabda Rasulullah SAW: ‘Barangsiapa memberi makan berbuka kepada orang yang berpuasa maka ia memperoleh pahala yang menyerupai pahalanya, tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang berpuasa tersebut’” (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan sabda tersebut, jelaslah bahwa membagikan takjil kepada orang lain termasuk dalam sedekah dan akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Apalagi, pada bulan Ramadhan yang penuh rahmat, memanglah kita sebagai umat muslim yang baik, dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesamanya. (Info kesiswaan spensa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.