Disdikbud Wajo laksanakan Pagelaran Kesenian Tradisional Tahun 2022

disdikbudwajo.id-Selama dua malam berturut turut, (14 s.d 15/10/ 2022) di panggung seni Disdikbud Wajo,  Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo melaksanakan Pagelaran Kesenian Tradisional Tahun 2022.

Drs. Sudirman Sabang, M.H, Kepala Bidang Kebudayaan menyampaikan bahwa kegiatan Pagelaran kesenian tradisional ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan siswa terhadap kesenian tradisional sebagaimana tema Pagelaran tahun ini. Kegaiatan ini diikuti oleh 18 sanggar seni sekolah tingkat SMP se kab. wajo.

Lanjut Sudirman Sabang, pagelaran tahun ini akan menyajikan seni tari , musik dan lagu yang akan dikemas dalam bentuk pertunjukan oleh sanggar sanggar seni, di pagelaran ini juga ditampilkan karya karya seni oleh sanggar seni yang mengangkat kearifan lokal yang ada dikabupaten wajo dengan tidak meninggalkan ciri khas adat istiadat dan tradisi orang wajo, selain itu juga ditampilkan tari tradisi yang ada di wajo, seperti pajaga makkunrai, pajaga gilireng, tari laluso dan lagu lagu tradisi yang diiringi dengan alat musik tradisional, tutup Kabid. Kebudayaan

Yahya, S.Sos., M.Si Sekretaris Disdikbud  Kab. Wajo yang membuka pagelaran tersebut menyampaikan bahwa upaya pembinaan generasi muda harus dimulai sejak usia dini dan dilakukan secara bersungguh-sungguh, melalui berbagai aktivitas yang mampu mengembangkan sikap dan jati diri seorang anak. untuk mewujudkan pembinaan generasi muda, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, akan tetapi perlu peran serta, dan partisipasi orang tua, dan pendidik, serta masyarakat, agar terbangun generasi pelanjut pewaris budaya.

Pagelaran kesenian tradisional ini kami harapkan mampu mentransformasi berbagai nilai yang terkandung di dalamnya, untuk kehidupan yang lebih baik, terutama bagi generasi muda agar tidak terpengaruh ke dalam budaya asing yang bernilai negatif. sehingga akan melahirkan generasi muda  yang berjiwa seni yang kuat dan berkepribadian yang baik, tutup Sekretaris disdikbud wajo.

Peserta pagelaran akan mendapatkan cendra mata dan sertifikat, hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo, para kabid dan kasi/kasubag, pejabat fungsional, Koordinator wilayah pendidikan, Ketua MKKS SMP, Kepala SMP se Kab. Wajo, dan Pembina Sanggar seni masyarakat

(sw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *