Disdikbud Wajo Laksanakan Sosialisasi Cagar Budaya

disdikbudwajo.id-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo laksanakan Sosialisasi  Cagar Budaya di Hotel Eka, Sabtu  (26/11/2022). Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo.

Kepala Bidang Kebudayaan Drs. Sudirman Sabang, SH.,MH menyampaikan,  sosialisasi ini diikuti oleh  125 peserta yang terdiri dari Korwil Pendidikan Kecamatan, Kepala SMP, Kepala SD, dan Pemerhati budaya.

Dalam sosialisasi ini menghadirkan narasumber yang akan menyampaikan materi sosialisasi adalah Drs. Haeruddin Asssegaf, M.M tenaga ahli cagar budaya dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Makassar, Suhardiman Sunusi, S.H., S.Pd Pemerhati Budaya Wajo dan Yahya, S.Sos., M.Si Sekretaris Dinas Pendidikan da Kebudayaan Kabupaten Wajo.

Jumlah cagar budaya yang telah terdaftar sebanyak 24 dan sudah terigistrasi, ada 3 cagar budaya yang telah ditetapkan, sementara masih ada 37 yang diduga sebagai cagar budaya, tentunya kami dari bidang kebudayaan pada sosialisasi ini berharap mendapatakan informasi terbaru terkait cagar budaya, ini untuk pengisian data pokok kebudayaan (dapobud), jelas kabid kebudayaan.

Dalam sambutan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo Drs. Faisal mengatakan bahwa melalui sosialisasi dapat mendorong peserta agar bisa nantinya berperan aktif untuk pelestarian Cagar Budaya yang ada di wilayah kerja masing masing secara mandiri.

Cagar budaya merupakan bagian dari pelestarian kebudayaan ini penting bagi sejarah kabupaten wajo. Maka dari itu, melalui sosialisasi kita diharapkan mampu menjaga serta mengelola cagar budaya secara bersama-sama agar kelestariannya tetap terjaga, tutup Kadis Dikbud Wajo.

Sosialisai Cagar Budaya Tahun 2022 mengangkat tema “Penginventarisasian dan Pelestarian Objek Cagar Budaya untuk Pemenuhan Data Pokok Kebudayaan (Dapobud) Kabupaten Wajo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *