Seminar Sehari Pentas Literasi

Disdikbudwajo.com. Di masa sekarang, pendidikan literasi gencar dilakukan oleh para prkatisi pendidikan guna melahirkan individu yang bukan hanya cerdas dalam bidang akademik, namun juga memiliki pola pikir kritis dan logis. Khusus untuk anak usia dini, pendidikan literasi penting dilakukan karena memiliki banyak manfaat.

Sejalan dengan hal tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo melalui bidang PAUD melaksanakan Seminar Sehari Pentas Literasi, Selasa, 24 November 2020 di Gedung PGRI Kabupaten Wajo. Panitia pelaksana, Edy Pramono Muliyawan, S.E., M.M, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan seminar ini adalah masih merupakan rangkaian kegiatan Hari Aksara Internasional, yang mana telah dilaksanakan berbagai macam lomba. Seminar kali ini mengangkat tema “Pembelajaran Literasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Momentum Perubahan Paradigma Pendidikan”, seminar ini dilaksanakan dua model yaitu secara luring yang di ikuti oleh Penilik  PAUD PNF dan Pengawas TK, sedangkan model daring diikuti oleh penyelenggara KB dan Kepala TK Se Kab. Wajo, lanjut Edi Pramono, berkaitan dengan Seminar Sehari ini, kami menghadirkan 5 orang narasumber yaitu Dr. Muhammad Hasbi (Direktur PAUD Kemendikbud), Hj. St. Maryam Amran, S.Sos., M.Si (Bunda PAUD Kab. Wajo), Dian Anshoriah (Pimp. Yayasan Pendidikan Pelangi Nusantara Jimbaran Bali), Drs. Faisal (Kadisdikbud Wajo), dan Drs. Mohammad Ridwan Angka., M.Pd (Pemerhati Pendidikan Kab. Wajo).

Laporan Ketua Panitia Pelaksana, Edy Pramono Muliyawan, S.E., M.M

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo , yang diwakili oleh Sekretaris Disdikbud Wajo, H. Mahmud, S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Panitia penyelenggara atas terlaksananya program seminar ini, hal ini merupakan program yang luar biasa. Oleh karena itu momentum di masa pandemi ini kita manfaatkan sebaik baiknya, dengan masa pandemi kita melakukan segala cara pembelajaran yang efektif, pemanfaatan Handphone (HP) merupakan suatu hal yang harus kita lakukan sebagai tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Literasi dapat dipahami sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis, penguasaan literasi merupakan suatu hal penting guna meningkatkan prestasi anak khususnya pada anak usia dini.

Sekretaris Disdikbud Kab. Wajo,            H. Mahmud, S.Pd.,M.Pd

Dirjen PAUD , Dr. Muhamammad Hasbi dalam pengantar materinya melalui daring mengatakan kecakapan  dan kompetensi literasi merupakan kompetensi abad 21 yang senantiasa diperlukan tidak hanya untuk bersaing dengan bangsa bangsa lain tapi juga difungsikan dalam kehidupan kita sehari hari. penghargaan yang setinggi tingginya saya sampaikan kepada kabupaten wajo karena baru kali ini video literasi ini disambung tidak hanya terkait dengan pemberantasan buta aksara tetapi juga bagaimana mengajarkan literasi sejak usia dini.

Dirjen PAUD Kemendikbud,                     Dr. Muhammad Hasbi

Lanjut Dirjen PAUD, kita juga perlu menanamkan literasi dasar yang perlu dimiliki oleh anak anak kita untuk bersaing dengan anak anak bangsa lain, literasi baca tulis, letasi berhitung, litearsi sains, literasi teknologi, literasi budaya dari kewargaan menjadi litearsi yang perlu dikuasai anak kita.

Peserta Luring Seminar Sehari Pentas Literasi

Kegiatan Seminar sehari Pentas Literasi

Pada kegiatan seminar hari ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba dan peninjauan hasil lomba dalam rangka memeriahkan hari aksara internasional tahun 2020 tingkat kabupaten wajo. (sbr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.